Home » » 10 negara paling bahagia di dunia tahun 2012

10 negara paling bahagia di dunia tahun 2012



Majalah Forbes melansir 20 negara paling bahagia di dunia tahun 2012. Selama enam tahun terakhir, baru kali ini posisi Amerika Serikat melorot ke posisi 12.
Padahal, pada tahun-tahun sebelumnya, negara ini selalu masuk dalam peringkat 10 besar. Mayoritas negara yang paling berbahagia ini adalah negara di kawasan Eropa.
Dari kawasan Asia, hanya ada tiga negara, yaitu Taiwan di posisi 18, Singapura posisi 19, dan Hong Kong posisi 20.
Melorotnya posisi AS disebabkan oleh penurunan dalam indikator yang menjadi indeks kebahagiaan menurut Legatum Prosperity Index yang disusun oleh Institut Legatum, yakni kebebasan personal, pemerintahan, peluang berwirausaha.
Peringkat negara paling bahagia ini disusun berdasarkan studi pada 142 negara yang mencakup 96% populasi global. Suatu negara dianalisis dan disusun dalam peringkat atas 89 indikator yang terbagi dalam 8 kategori. Misalnya, pendidikan, pemerintahan, ekonomi, pendapatan per kapita.
Berdasarkan data dilihat negara mana penduduknya yang menikmati dan merasakan lembaga politik yang stabil, apakah masyarakat sipilnya kuat atau tidak, bagaimana dengan kebebasan berekspresi, pendidikan dan kesehatan yang baik. Juga, kebebasan pribadi, perasaan aman.
Berikut 10 negara paling bahagia di dunia menurut Legatum:

1.Norwegia
Neger ini secara keseluruhan menempati posisi pertama menurut  Legatum Prosperity Index. Juga, menempati posisi pertama untuk kategori sosial, dan posisi kedua di bidang ekonomi.

2.Denmark
Negara ini juga menempati posisi kedua untuk kategori sosial, dan peringkat pertama untuk kategori wirausaha.

3.Swedia
Secara keseluruhan peringkat Swedia meningkat dari 7 tahun 2009 ke posisi 3 tahun 2012. Negara ini menempati peringkat kedua untuk kategori wirausaha, dan peringkat atu untuk posisi sosial, serta peringkat dua untuk kategori ekonomi.

4.Australia
Australia berada di peringkat 4 secara keseluruhan untuk tahun 2012, dan peringkat  kedua untuk kategori pendidikan, serta peringka ketiga untuk kategori kebebasan personal.

5. Selandia Baru
Negara ini berada di peringkat kelima secara keseluruhan, namun untuk kategori pendidikan peringkat pertama, serta peringkat kedua untuk kategori pemerintahan dan kebebasan personal.

6.Canada
Secara keseluruhan negara ini berada di peringkat enam, namun peringkat pertama untuk kebebasan personal.

7.Finlandia
Negara ini berada di peringkat tujuh secara keseluruhan, dan berada di peringkat tiga untuk kategori wirausaha, keamanan, dan kenyamanan.

8.Belanda
Negara yang dikenal dengan kincir angin dan bungan tulip ini berada di peringkat delapan secara keseluruhan. Namun, untuk posisi kesehatan dan sosial berada di posisi enam.

9. Swiss
Negara yang dikenal dengan pegunungan Alpen ini secara keseluruhan menempati posisi kesembilan. Tapi, untuk kategori ekonomi berada di peringkat satu.

10.Irlandia
Negara yang dekat dengan Inggris ini menempati posisi keempat untuk kebebasan personal. Namun, secara keseluruhan berada di peringkat 10.
Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar
KUNJUNGI http://edukasioner.blogspot.com UNTUK MENDAPATKAN BERAGAM INFORMASI LENGKAP SEPUTAR DUNIA PENDIDIKAN


 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. SD MUHAMMADIYAH 3 PAGARALAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger