Soal Uraian
- Gambarlah penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan putih).
- Gambarlah perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan
- Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = – 15 dengan menggunakan pendekatan pola bilangan
- Gambarlah perkalian – 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
- Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan!
- Mengapa jamur termasuk heterotrof?
- Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan hubungan tersebut!
- Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem buatan serta berikan contohnya masing-masing!
- Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran yang berupa buangan air panas ke sungai?
- Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan sebagai bahan buangan yang nonbiodegradableakan menyebabkan air lingkungan ikut tercemar
- Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca!
- Mengapa karbon monoksida atau CO sangat berbahaya kalau terhirup manusia?
- Secara historis epistemologis terdapat kesilatan untuk menelusuri perkembangan pemikiran PIPS di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
- Coba anda jelaskan tentang pertama kali munculnya istilah IPS ?
- Perkembangan pemikiran pendidikan IPS yang tertuang dalam, kurikulum sampai dengan tahun 1990-an, pendidikan IPS di Indonesia disajikan dalam dua tradisi. Tunjukkan dan jelaskan!
- Mengapa kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS ?
- Dikatakan bahwa IPS dapat memberikan dampak positif kepada kewargaan global (mendunia). Dimana untung rugi dampak tersebut kepada kepribadian siswa? Diskusikan dengan teman!
- Jelaskan pengertian pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia !
- Bandingkanlah pendekatan tujuan dan pendekatan struktural!
- Apa yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
- Apa yang dimaksud dengan pendekatan Whole language?
- Bagaimanakah guru melakukan penilaian dalam kelas Whole language?